✓Bagi Hasil Deposito Bank Syariah Tertinggi, Cek Disini

Posting Komentar
Konten [Tampil]
✓Bagi Hasil Deposito Bank Syariah Tertinggi, Cek Disini

Hai-hai, kita bertemu lagi. Kali ini kita akan membahas bagi hasil deposito bank syariah tertinggi. Loh, bank syariah melayani deposito? Iya dong. Akhir-akhir ini, trend syariah di Indonesia semakin merajalela. Entah itu untuk lembaga keuangan bank, maupun nonbank. 

Lembaga keuangan berbau syariah ini diklaim memberi kemudahan bagi para penggunanya. Dan memang benar adanya. Umat Islam khususnya, jadi lebih merasa aman dalam melakukan transaksi. Lebih-lebih merasa tentram dari sosok bernama "riba". 

Bagi Hasil Deposito Bank Syariah Tertinggi

Bagi hasil deposito bank syariah tertinggi ini dinilai benar adanya oleh banyak kalangan. Karena pada umumnya, bank memberikan nisbah dengan perbandingan 60:40 untuk nasabah dan bank. 

Tapi, kok nggak pake sistem bunga? Apa perbedaannya dengan bagi hasil? Ini dia perbedaannya. 

Perbedaan Bagi Hasil dan Bunga

✓Bagi Hasil Deposito Bank Syariah Tertinggi, Cek Disini

Berdasarkan buku Bank dan Lembaga Keuangan Syariah yang disusun oleh Heri Sudarsono, perbedaan dari bagi hasil dan bunga adalah sebagai berikut. Biar lebih mudah dicerna, kita akan sajikan datanya dalam bentuk tabel, ya.

Bunga

Bagi hasil

Penentuan bunga ditentukan pada waktu akad dengan ketentuan harus selalu untung.

Penentuan besarnya nisab bagi hasil dibuat pada waktu akad dengan kemungkinan untung rugi.

Besarnya persentase bunga berdasarkan besarnya modal.

Besarnya nisab bagi hasil berdasarkan hasil keuntungan yang diperoleh.

Pembayaran tetap seperti yang dijanjikan tanpa pertimbangan proyek yang dijalankan oleh nasabah untung atau rugi.

Bagi hasil bergantung pada keuntungan proyek. Jika proyek yang dijalankan mengalami kerugian, maka akan ditanggung bersama.

Jumlah pembayaran bunga tidak meningkat sekalipun keuntungan yang didapat meningkat.

Jumlah pembagian laba meningkat sesuai dengan peningkatan jumlah pendapatan.

Eksistensi bunga diragukan (apabila tidak dikecam) oleh semua agama termasuk Islam.

Tidak ada yang meragukan nisbah dari bagi hasil.

Daftar Bagi Hasil dari Beberapa Bank Syariah

Nah, setelah mengetahui perbedaan dari bunga bank konvensional dengan nisbah bagi hasil yang dipakai dalam bank syariah, sekarang saatnya kita membicarakan bagi hasil deposito bank syariah tertinggi.

Bank apa aja sih yang memiliki layanan ini? Check it out!

1.  Bank Syariah Indonesia

Untuk BSI atau Bank Syariah Nasional, pembagian bagi hasilnya adalah sesuai dengan kesepakatan. Minimal penempayan dana di bank ini cukup besar yakni 10 juta rupiah. Untuk pilihan jangka waktunya adalah satu, tiga, dan enam bulan. Kemudahan dari deposito di BSI adalah bisa dikelola melalui BSI mobile.  

2.  Bank BTN Syariah

Deposito pada Bank BTN Syariah ini menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Yakni akad dimana si pemodal (shahibul maal/nasabah) tidak memberikan batasan kepada pihak pengelola (mudharib/bank) dalam pengelolaan modalnya.

Apa saja keuntungan dari mendepositkan dana di Bank BTN Syariah?

  • Bagi hasilnya kompetitif seperti bank-bank lain.
  • Deposito dapat diperpanjang secara otomatis setiap tanggal jatuh tempo atas permintaan deposan.
  • Jangka waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Bagi hasil dari deposito dapat disalurkan ke zakat, infaq, dan juga shadaqah.
  • Bagi hasilnya dapat ditransfer ke rekening tabungan, giro, maupun BTN konvensional.

3.  Bank Danamon Syariah

Deposito Bank Danamon Syariah menggunakan prinsip mudharabah dan dijalankan sesuai dengan prinsipnya. Pilihan penyimpanan ada dua, yakni penyimpanan berjangka dan on call atau harian.

Untuk penyimpanan berjangka terdiri dari satu, tiga, enam, dan dua belas bulan. Sedangkan untuk yang on call atau harian, kalian diberi pilihan tujuh, empat belas, dan dua puluh satu hari.

Apa manfaat lain dari deposito di Bank Danamon? Dana dari nasabah akan disalurkan ke sektor riil yang menguntungkan dan sesuai dengan prinsip syariah.

4.  Bank Bukopin Syariah

Bank Bukopin menggunakan akad mudharabah mutlaqa seperti pada Bank BTN Syariah. Bagi hasil dari deposito di Bank Bukopin ini berdasarkan kesepakatan. Nantinya, dana ini bisa digunakan juga sebagai jaminan pembiayaan, seperti pembiayaan modal usaha. Apakah dapat diperpanjang? Bisa.

Jangka waktunya adalah satu, tiga, enam, dan dua belas bulan. Ada juga yang jangknaya lebih pendek dari ini. Yakni deposito IB On Call. Deposito ini jangka waktunya yaitu tujuh hari, dua minggu, dan tiga minggu.

5.  Bank CIMB Niaga

Berdasarkan penelusuran kami di website CIMB Niaga, deposito berjangka pada bank ini dibagi menjadi empat seperti pada umumnya. Yakni satu, tiga, enam, dan dua bela bulan.

Bagi hasilnya berapa persen? Nah, bagi hasil ini dibagi menjadi tiga, yakni minimal 7.5 juta dengan mata uang rupiah, minimal 500 USD dengan mata uang USD, dan minimal 8 juta dengan mata uang rupiah.

Untuk minimal penempatan 7.5 juta, nisbahnya antara 35.58% sampai 39.14% dengan indicative rate 2.50% sampai 2.75%. Untuk minimal 8 juta, bagi hasilnya antara 32.54% sampai 36.15% dengan indicative rate 2.25% sampai 2.50%.

Bagaimana dengan yang menggunakan mata uang USD? Persentase bagi hasilnya adalah 14.85% dengan indicative rate sebesar 0.20%.

Oh iya, untuk minimal penempatan 7.5 juta dan 500 USD ini dilakukan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, dan layanan CIMB Niaga 14041. Sedangkan deposito minimal 8 juta dilakukan di cabang CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah.

6.  Bank BCA Syariah

Deposito syariah di Bank BCA dilakukan dengan mata uang rupiah. Untuk jangka waktunya adalah satu, tiga, enam, dan dua belas bulan. Jumlah mimimal penempatannya adalah 8 juta rupiah.

Untuk bagi hasilnya sesuai dengan kesepakatan awal. Salah satu kelebihan dengan membuka deposito syariah di Bank BCA adalah terdapat fitur pemotongan zakat atau autodebet zakat.

Kalian pun bisa memperpanjang jika jangka waktunya sudah habis. Kalian juga bisa join nih. Baik dengan perorangan, dengan badan hukum, maupun antar badan hukum.

Kelebihan dan Kekurangan dari Deposit Bank Syariah

✓Bagi Hasil Deposito Bank Syariah Tertinggi, Cek Disini

Setiap hal pastinya memiliki kelebihdan dan kekurangannya maing-masing. Begitu juga dengan mendepositkan uang di bank syariah.

Keuntungan

  • Menggunakan akad yang sesuai dengan prinsip Islam.
  • Persentase bagi hasil lebih kompetitif dan dan lebih tinggi dari produk tabungan syariah.
  • Jangka waktu fleksibel.
  • Mempermudah nasabah dalam pengajuan produk lain karena sudah tercatat sebagai nasabah.
  • Setoran awal cukup ringan, meski ada beberapa yang agak berat.
  • Risiko rendah.

Kekurangan

  • Keuntungan lebih rendah daripada investasi lain.
  • Pencairan tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu.
  • Terdapat pajak simpanan syariah.
  • Tergerus inflasi.

Itulah dia sedikit informasi mengenai bagi hasil deposito bank syariah tertinggi. Kalau kalian tau informasi lain yang bisa melengkapi informasi diatas, bisa coret-coret di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sumber: duniafintech.com

f
Filza Halwa
Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar