Tempat Camping di Curug Bogor, Pilihan Liburan Akhir Pekan

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Tempat Camping di Curug Bogor, Pilihan Liburan Akhir Pekan

Akhir-akhir ini camping menjadi pilihan liburan yang sangat diminati masyarakat. Entah itu berkemah di gunung ataupun air terjun. Kali ini, kita akan membahas tempat camping di curug Bogor. Masyarakat Bogor dan sekitarnya, yuk merapat yuuuk!

Refreshing di curug memberikan kesenangan tersendiri. Apalagi saat akhir pekan. Melihat grojokan air terjun atau curug dari ketinggian memberikan rasa rileks pada pikiran. Ditambah dengan pemandangan hijaunya. Jadi pengen healing nih hehe. 

Tempat Camping di Curug Bogor

Akhir pekan menjadi hari yang paling dinanti-nanti. Biasanya, banyak orang yang mencari destinasi untuk healing di akhir pekan. Beberapa rekomendasi tempat camping di curug Bogor ini bisa jadi inspirasi liburan akhir pekan mu! 

Tapi kalian tau nggak sih apa itu camping? Camping adalah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka. Ber-camping biasanya dengan mendirikan tenda di alam terbuka. Kegiatan alam satu ini ditujukan untuk merelaksasikan pikiran. 

1.  Curug Cipamingkis

Tempat Camping di Curug Bogor, Pilihan Liburan Akhir Pekan

Curug bernama Cipamingkis ini adalah curug yang terbentuk dari dua aliran sungai. Yakni sungai Cisarua dan sungai Cipamingkis. Nggak hanya bisa menikmati air terjun, tapi kalian juga bisa ber-camping disini. 

Fasilitas berkemah yang disediakan disini juga cukup lengkap. Ada mushola, toilet, tempat parkir, outbound, hingga jogging track. Bagi kalian yang tidak ingin repot-repot membawa alat camping, pihak pengelola juga menyediakan penyewaan alat camping

Pecinta fotografi atau yang hobi foto juga bisa banget ke tempat ini. Airnya yang jernih, pemandangan alam yang sangat memukau, juga spot foto tersedia disini. Mulai dari taman barata yudha, perahu asmara, stone garden, jembatan cinta, dan juga rumah pohon. 

Untuk harga tiket curug ini berkisar antara 35.000 sampai 50.000 rupiah tergantung jenis wisatawan. Jadi, dibedakan guys antara wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Untuk biaya penyewaan camping ground (sewa lahan saja) kalian harus merogoh kocek sebesar 25.000 rupiah per orang. 

Lokasinya dimana? Curug ini berlokasi di Jonggol, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor. Untuk jam buka, curug Cipamingkis buka mulai pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore. Kalian bisa lihat informasi selanjutnya di Instagram mereka di @curugcipamingkisofficial.

2.  Curug Naga

Tempat Camping di Curug Bogor, Pilihan Liburan Akhir Pekan

Siapa yang suka tantangan? Curug yang akan kita bahas selanjutnya ini penuh dengan wahana yang menantang. Namanya adalah curug Naga.

Disini, kalian bisa menikmati berbagai kegiatan yang memacu adrenalin. Seperti jungle tracking, body rafting, dan juga river tracking di sungai yang alirannya menuju tiga curug, yakni curug Naga, curug Priuk, dan curug Barong. 

Untuk ber-camping disini kalian harus reservasi terlebih dahulu. Karena medan yang ditempuh untuk menuju curug ini sulit dan membutuhkan pemandu untuk melewati jalan yang rumit. Tapi, kalian akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa setelah melakukan perjalanan tersebut. 

Area camping di curug ini sangat luas, dilengkapi juga dengan toilet dan mushola. Curug Naga buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Alamatnya berada di desa Citamiang Megamendung, kecamatan Megamendung, kabupaten Bogor. Untuk tiketnya berkisar antara 85.000 sampai 375.000 rupiah. Harga tersebut mulai dari tracking satu sungai hingga camping 2 hari 1 malam. 

3.  Curug Ciputri

Tempat Camping di Curug Bogor, Pilihan Liburan Akhir Pekan

Curug selanjutnya adalah curug Ciputri yang ada di kaki gunung Salak. Bayangkan kalian berkemah di kaki gunung, ada air terjunnya juga. Wuih pasti langsung fresh. Lokasi berkemah nya pun hanya 2 km dari area parkir dan membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai air terjunnya. Cukup dekat, ya.

Selain curug Ciputri, ada juga curug lain disana, yakni curug Padalarang dan curug Kiara. Area camping disini cukup luas. Banyak tenda warna-warni yang dikelilingi pohon pinus. Kalian juga bisa bersantai dibawah pohon pinus dengan menggunakan hammock. Kebayang nggak ademnya? 

Tiket masuk ke wisata ini dibedakan antara pengunjung yang hanya ingin berwisata saja dengan pengunjung yang ingin berkemah. harga tiketnya mulai dari 20.000 hingga 65.000 rupiah.

Tempat ini beroperasi selama 24 jam. Sedangkan untuk hiking dimulai pada pukul 7 pagi sampai 6 sore. Untuk camping pendaftarannya dimulai pada pukul 7 pagi sampai 8 malam. 

Alamat curug Ciputri berada di Tapos 1, Tenjolaya, Bogor. Kalau kalian berkemah di sana dan kebetulan persediaan makanan sedang habis, kalian tidak perlu khawatir. Karena disana banyak warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Pihak pengelola juga memberikan fasilitas mushola dan juga kamar mandi. 

Selain tiga curug diatas, masih banyak curug lain yang bisa dijadikan tempat berkemah. Seperti curug Cilember, curug Ciherang, Highland Camp Curug Panjang, dan Bumi Perkemahan Gunung Bunder. 

Manfaat Mandi di Curug untuk Kesehatan

Air terjun ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan loh, guys. Ibarat sekali dayung dua pulau terlampaui, kita bisa mendapatkan keindahannya dan juga bisa mendapatkan manfaatnya dari sisi kesehatan. Ini dia manfaat curug untuk kesehatan. 

1.  Memperlancar Peredaran Darah

Saat mandi dibawah air terjun, otomatis kita akan ditetesi oleh tetesan air yang sangat deras. Hal ini sangat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah kita.

Tetesan airnya yang deras itu dapat memberi pijatan pada kulit. Sehingga menghambat jalannya darah pada pembuluh darah akan hancur dan sirkulasi darah semakin lancar. 

2.  Membakar Lemak dalam Tubuh

Meski ada air terjun yang terletak di tepi pantai seperti Jeongbang Falls di Jeju, tapi air terjun biasanya terletak di dataran tinggi.

Untuk mencapainya tentunya kita harus sedikit menanjak dong, ya. Perjalanan yang menempuh medan tersebut akan membuat lemak dalam tubuh sedikit demi sedikit terbakar. 

Selain itu, saat kita mandi di air yang dingin tubuh kita akan mempercepat proses metabolisme. Tubuh akan membakar karbohidrat dan lemak lebih cepat.

Percepatan metabolisme ini dilakukan untuk menghasilkan panas supaya tubuh kita bisa memerangi air yang dingin tersebut. 

3.  Membuat Rambut Lebih Sehat

Kok bisa? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mandi dibawah guyuran curug akan memperlancar peredaran darah. Otomatis sirkulasi darah pada kulit kepala juga akan lancar sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. 

Mandi dengan air dingin juga dipercaya dapat menutup kutikula. Saat kutikula tertutup, rambut tidak akan mudah rontok. Wah, bermanfaat sekali ya mandi di air terjun ini. 

4.  Wajah Berkilau Alami

Membasuh wajah dengan air dingin akan membuat pori-pori mengecil. Minyak alami dalam kulit wajah yang berfungsi untuk melembabkan dan mengenyalkan kulit juga tidak akan luntur.

Tak heran jika orang yang terbiasa mandi di curug atau mencuci muka dengan air dingin akan lebih terhindar dari masalah wajah, seperti kusam dan kulit keriput. 

5.  Otot Lebih Rileks

Ada yang suka olahraga? Pergi ke tempat camping di curug Bogor sangat cocok untuk orang yang suka berolahraga. Setelah melakukan aktivitas fisik, otot akan meradang dan butuh waktu untuk merilekskannya.

Mandi dibawah guyuran air terjun akan membuat otot lebih rileks. So, buat kalian para olahragawan bisa nih mampir ke curug saat akhir pekan. 

6.  Mendinginkan Pikiran

Pikiran menjadi fresh adalah salah satu manfaat mandi di curug. Bayangkan betapa segarnya pikiran kalian setelah dikejar deadline pekerjaan lalu diguyur dengan air terjun. Waaaah, pasti langsung fresh!

Mandi dibawah air terjun juga bisa membantu mempercepat metabolisme tubuh dan juga mengatur kadar asam urat dalam tubuh. 

7.  Meningkatkan Semangat

Manfaat terakhir dari mandi di curug adalah meningkatkan semangat dalam beraktivitas. Mandi dibawah guyuran air terjun di pagi hari dapat membantu menstimulasi otot-otot yang lemas.

Akibatnya, mata akan langsung terbuka dan pikiran akan kembali segar, serta lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan hehe. 

Itulah beberapa tempat camping di curug Bogor yang bisa menjadi destinasi pengisi liburan akhir pekan mu. Warga Jabodetabek khususnya warga Bogor, apa sudah pernah berkunjung ke daftar curug di atas? 

Sumber: faktaindonesianews.com, rianarizkiabidin.com

f
Filza Halwa
Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar