Kerjasama Distributor Sembako - Jika ada yang bertanya "Bisnis apa sih yang pasti laku tiap hari?" Jawabannya pasti bisnis kebutuhan pokok. Seperti beras, gula, minyak, dan kawan-kawannya. Setiap orang pasti membutuhkan bahan-bahan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Lalu, bagaimana sih cara untuk
berbisnis sembako ini? Nah, kali ini Ide Bisnis akan memaparkannya untuk
kalian yang ingin memulai usaha ini. Bisnis sembako juga tidak harus
membutuhkan modal besar. Untuk kalian yang punya modal pas-pasan bisa kok kalau
mau mencobanya.
Menjalin Kerjasama Distributor Sembako, Apa Bisa?
Apa kalian tau, apa itu distributor?
Kata distributor berasal dari kata distribute yang berarti menyalurkan.
Jadi, distributor adalah orang yang menyalurkan suatu produk dari produsen ke
konsumen. Kegiatan seorang distributor meliputi pembelian, penyimpanan,
pencatatan stok, pengiriman, dan juga promosi.
Hal pertama yang bisa kalian lakukan
untuk membuka toko sembako adalah menjalin Kerjasama Distributor Sembako.
Hal ini memiliki banyak manfaat untuk kelangsungan usaha kalian. Apa saja
manfaatnya? Simak dibawah ini, ya.
Manfaat Menjalin Kerjasama dengan Distributor Sembako
1. Lebih Mudah
dalam Mendapatkan Stok Barang
Manfaat pertama adalah kalian akan
lebih mudah untuk mendapatkan barang dagangan yang kalian inginkan. Dengan
bekerjasama dengan distributor, stok barang toko kalian akan aman. Kalian juga
akan lebih menghemat waktu karena tidak harus mencari produk kesana
kemari.
2. Varian Produk
Lebih Banyak
Dengan bekerja sama, kalian akan
memiliki bermacam-macam produk. Prosesnya pun akan lebih mudah dan cepat. Tentunya
akan sangat menguntungkan untuk kalian, konsumen tidak akan bosan berbelanja
karena pilihan yang disediakan bervariasi.
3. Proses
Pemesanan Barang Lebih Cepat
Perkembangan teknologi diiringi juga
dengan berkembangnya dunia perdagangan. Banyak distributor yang menyediakan
aplikasi berbasis smartphone dan juga website untuk memudahkan
proses pembelian.
Kalian bisa memesan barang lewat
aplikasi dan website tersebut. Bagaimana untuk pembayarannya? Transfer bank dan
COD menjadi cara yang paling umum digunakan.
4. Harga Barang
Lebih Kompetitif
Persaingan antar distributor saat ini
semakin ketat. Banyak dari mereka yang menawarkan jasa mereka kepada para
pemilik toko ritel. Untuk itu, para pengusaha sembako harus lebih jeli dalam
memilih distributor yang dapat dipercaya. Pilih juga distributor yang
menawarkan harga terbaik dan sekiranya cocok dengan kalian.
5. Keuntungan
Lebih Meningkat
Membeli barang dagangan dari
distributor pastinya akan mendapatkan harga yang lebih murah. Apalagi jika
membeli dalam jumlah yang banyak. Dengan harga yang lebih murah tersebut,
kalian bisa menjual barang dengan harga sedikit lebih murah dari harga
pasaran.
Masalah yang Biasa Dihadapi Oleh Pemilik Toko Ritel
Setiap usaha pastinya tidak luput
dari pasang surut. Sama seperti kehidupan hahaha. Lalu, apa saja sih masalah
yang biasa dihadapi oleh pemilik toko?
1. Persaingan
yang Ketat
Membuka usaha sembako tidak
membutuhkan skill atau keahlian khusus. Karenanya, bisnis ini memiliki
tingkat persaingan yang tinggi. Akibatnya, pemilik toko saling bersaing untuk
mendapatkan pelanggan. Pesaing semakin banyak dan jumlah pelanggan tidak naik
secara signifikan.
2. Harga yang
Murah
Mencari pelanggan tetap sangatlah
sulit. Karena setiap penggelut bisnis ini mematok harga jual yang mirip-mirip.
Konsumen akan mudah berpindah ke tempat lain yang menawarkan barang yang lebih
murah.
Karenanya, membuka usaha ini berarti
harus berani mematok harga murah agar semakin banyak mendapat pelanggan dan
jangan lupa untuk melayani pembeli dengan baik supaya semakin banyak pembeli
yang berkunjung ke toko kalian.
3. Barang yang
Disediakan Tidak Lengkap
Jika membuka usaha sembako, pastikan
barang yang kalian tawarkan lengkap. Kenapa kok harus lengkap? Pelanggan
cenderung memilih toko dengan persediaan yang lengkap.
Mereka tidak harus berpindah dari
toko yang satu ke toko yang lain hanya karena barang yang dicari tidak ada.
Tentunya tidak efisien, kan?
Cara Bekerjasama dengan Distributor Sembako
Nah, kita sudah tau nih apa manfaat Kerjasama
Distributor Sembako dan masalah yang sering dihadapi oleh para pebisnis
toko retail sembako. Lalu, bagaimana sih cara bekerjasama dengan distributor
sembako ini?
1. Riset Pasar
Terlebih Dahulu Sebelum Mendirikan Usaha
Hal pertama yang harus kalian lakukan
saat akan mendirikan bisnis ini adalah riset pasar. Ini penting agar kalian
mengetahui barang apa saja yang sekiranya akan dijual. Lakukan riset terhadap
harga pesaing juga agar nantinya kalian bisa mengira-ngira patokan harga jual
untuk toko kalian.
Dan untuk kalian yang memiliki modal
kecil, kalian bisa menjual barang yang paling banyak dibutuhkan. Kalian juga
bisa menjual produk dengan kemasan kecil jika toko kalian terletak di dekat
perkampungan.
2. Buatlah Daftar
Distributor Sembako
Kedua, buat daftar distributor yang
sekiranya bisa diajak bekerjasama. Semakin lengkap sebuah toko, maka semakin
laris pula toko tersebut. Nah, agar bisa memiliki stok barang yang lengkap,
kalian bisa menjalin kerjasama dengan beberapa distributor.
Untuk itu, kumpulkan kontak beberapa
distributor. Kalian bisa mencobanya dari situs resmi distributor. Dengan
memiliki beberapa kontak pemasok, kalian bisa nih membandingkannya satu sama
lain dan mendapat harga yang lebih murah.
3. Membuat Pengajuan
Permohonan Keagenan
Setelah menentukan distributor,
kalian bisa mengajukan permohonan keagenan pada distributor-distributor
tersebut. Apa sih keuntungan menjadi agen resmi? Dengan menjadi agen resmi,
kalian akan mendapatkan selisih harga dari distributor dan harga jual yang lumayan
jauh.
Nah, kalian bisa mendapatkan untung
lebih dari ini. Tidak jarang seorang agen juga akan mendapatkan intensif dari
distributor yang diajak kerjasama. Wah, semakin untung banyak, kan?
4. Perhatikan
Kualitas Produk
Jangan lupa untuk terlebih dahulu
mengecek produk yang ditawarkan oleh distributor. Pilih distributor resmi,
sebab terkadang pemilik toko retail tidak sengaja menjalin kerjasama dengan
distributor yang menjual barang palsu dan kualitasnya pun buruk.
5. Lakukan
Pemesanan Sesuai dengan Kebutuhan
Yang terakhir adalah pesan produk
sesuai dengan kebutuhan. Karena bahan sembako adalah makanan dan mempunyai
tanggal kadaluarsa. Hal ini juga mengantisipasi kerugian. Bayangkan jika kalian
membeli barang dagangan dalam jumlah besar dan tidak sebanding dengan konsumen
yang datang, pasti akan mengalami kerugian, kan?
Manfaatkan catatan transaksi harian
untuk mengetahui produk yang paling laku. Sebaiknya, catatan ini memuat merek
produk, jenis, volume per kemasan, dan juga jumlah penjualan.
Nah, itulah informasi mengenai Kerjasama
Distributor Sembako yang kita bahas kali ini. Apakah kalian sudah berminat
membuka usaha ini?
Sumber: bukausaha.com, berdesa.com
f
Posting Komentar
Posting Komentar