Kerjasama Distributor Sembako: Cara Memulai dan Manfaatnya

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Kerjasama Distributor Sembako: Cara Memulai dan Manfaatnya

Kerjasama Distributor Sembako
- Jika ada yang bertanya "Bisnis apa sih yang pasti laku tiap hari?" Jawabannya pasti bisnis kebutuhan pokok. Seperti beras, gula, minyak, dan kawan-kawannya. Setiap orang pasti membutuhkan bahan-bahan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Lalu, bagaimana sih cara untuk berbisnis sembako ini? Nah, kali ini Ide Bisnis akan memaparkannya untuk kalian yang ingin memulai usaha ini. Bisnis sembako juga tidak harus membutuhkan modal besar. Untuk kalian yang punya modal pas-pasan bisa kok kalau mau mencobanya. 

Menjalin Kerjasama Distributor Sembako, Apa Bisa?

Apa kalian tau, apa itu distributor? Kata distributor berasal dari kata distribute yang berarti menyalurkan. Jadi, distributor adalah orang yang menyalurkan suatu produk dari produsen ke konsumen. Kegiatan seorang distributor meliputi pembelian, penyimpanan, pencatatan stok, pengiriman, dan juga promosi. 

Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk membuka toko sembako adalah menjalin Kerjasama Distributor Sembako. Hal ini memiliki banyak manfaat untuk kelangsungan usaha kalian. Apa saja manfaatnya? Simak dibawah ini, ya. 

Manfaat Menjalin Kerjasama dengan Distributor Sembako

1.  Lebih Mudah dalam Mendapatkan Stok Barang

Manfaat pertama adalah kalian akan lebih mudah untuk mendapatkan barang dagangan yang kalian inginkan. Dengan bekerjasama dengan distributor, stok barang toko kalian akan aman. Kalian juga akan lebih menghemat waktu karena tidak harus mencari produk kesana kemari. 

2.  Varian Produk Lebih Banyak

Dengan bekerja sama, kalian akan memiliki bermacam-macam produk. Prosesnya pun akan lebih mudah dan cepat. Tentunya akan sangat menguntungkan untuk kalian, konsumen tidak akan bosan berbelanja karena pilihan yang disediakan bervariasi. 

3.  Proses Pemesanan Barang Lebih Cepat

Perkembangan teknologi diiringi juga dengan berkembangnya dunia perdagangan. Banyak distributor yang menyediakan aplikasi berbasis smartphone dan juga website untuk memudahkan proses pembelian.

Kalian bisa memesan barang lewat aplikasi dan website tersebut. Bagaimana untuk pembayarannya? Transfer bank dan COD menjadi cara yang paling umum digunakan. 

4.  Harga Barang Lebih Kompetitif

Persaingan antar distributor saat ini semakin ketat. Banyak dari mereka yang menawarkan jasa mereka kepada para pemilik toko ritel. Untuk itu, para pengusaha sembako harus lebih jeli dalam memilih distributor yang dapat dipercaya. Pilih juga distributor yang menawarkan harga terbaik dan sekiranya cocok dengan kalian. 

5.  Keuntungan Lebih Meningkat

Membeli barang dagangan dari distributor pastinya akan mendapatkan harga yang lebih murah. Apalagi jika membeli dalam jumlah yang banyak. Dengan harga yang lebih murah tersebut, kalian bisa menjual barang dengan harga sedikit lebih murah dari harga pasaran. 

Masalah yang Biasa Dihadapi Oleh Pemilik Toko Ritel

Setiap usaha pastinya tidak luput dari pasang surut. Sama seperti kehidupan hahaha. Lalu, apa saja sih masalah yang biasa dihadapi oleh pemilik toko? 

1.  Persaingan yang Ketat

Membuka usaha sembako tidak membutuhkan skill atau keahlian khusus. Karenanya, bisnis ini memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Akibatnya, pemilik toko saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Pesaing semakin banyak dan jumlah pelanggan tidak naik secara signifikan. 

2.  Harga yang Murah

Mencari pelanggan tetap sangatlah sulit. Karena setiap penggelut bisnis ini mematok harga jual yang mirip-mirip. Konsumen akan mudah berpindah ke tempat lain yang menawarkan barang yang lebih murah.

Karenanya, membuka usaha ini berarti harus berani mematok harga murah agar semakin banyak mendapat pelanggan dan jangan lupa untuk melayani pembeli dengan baik supaya semakin banyak pembeli yang berkunjung ke toko kalian. 

3.  Barang yang Disediakan Tidak Lengkap

Jika membuka usaha sembako, pastikan barang yang kalian tawarkan lengkap. Kenapa kok harus lengkap? Pelanggan cenderung memilih toko dengan persediaan yang lengkap.

Mereka tidak harus berpindah dari toko yang satu ke toko yang lain hanya karena barang yang dicari tidak ada. Tentunya tidak efisien, kan? 

Cara Bekerjasama dengan Distributor Sembako

Nah, kita sudah tau nih apa manfaat Kerjasama Distributor Sembako dan masalah yang sering dihadapi oleh para pebisnis toko retail sembako. Lalu, bagaimana sih cara bekerjasama dengan distributor sembako ini? 

1.  Riset Pasar Terlebih Dahulu Sebelum Mendirikan Usaha

Hal pertama yang harus kalian lakukan saat akan mendirikan bisnis ini adalah riset pasar. Ini penting agar kalian mengetahui barang apa saja yang sekiranya akan dijual. Lakukan riset terhadap harga pesaing juga agar nantinya kalian bisa mengira-ngira patokan harga jual untuk toko kalian. 

Dan untuk kalian yang memiliki modal kecil, kalian bisa menjual barang yang paling banyak dibutuhkan. Kalian juga bisa menjual produk dengan kemasan kecil jika toko kalian terletak di dekat perkampungan. 

2.  Buatlah Daftar Distributor Sembako

Kedua, buat daftar distributor yang sekiranya bisa diajak bekerjasama. Semakin lengkap sebuah toko, maka semakin laris pula toko tersebut. Nah, agar bisa memiliki stok barang yang lengkap, kalian bisa menjalin kerjasama dengan beberapa distributor.

Untuk itu, kumpulkan kontak beberapa distributor. Kalian bisa mencobanya dari situs resmi distributor. Dengan memiliki beberapa kontak pemasok, kalian bisa nih membandingkannya satu sama lain dan mendapat harga yang lebih murah. 

3.  Membuat Pengajuan Permohonan Keagenan

Setelah menentukan distributor, kalian bisa mengajukan permohonan keagenan pada distributor-distributor tersebut. Apa sih keuntungan menjadi agen resmi? Dengan menjadi agen resmi, kalian akan mendapatkan selisih harga dari distributor dan harga jual yang lumayan jauh.

Nah, kalian bisa mendapatkan untung lebih dari ini. Tidak jarang seorang agen juga akan mendapatkan intensif dari distributor yang diajak kerjasama. Wah, semakin untung banyak, kan? 

4.  Perhatikan Kualitas Produk

Jangan lupa untuk terlebih dahulu mengecek produk yang ditawarkan oleh distributor. Pilih distributor resmi, sebab terkadang pemilik toko retail tidak sengaja menjalin kerjasama dengan distributor yang menjual barang palsu dan kualitasnya pun buruk. 

5.  Lakukan Pemesanan Sesuai dengan Kebutuhan

Yang terakhir adalah pesan produk sesuai dengan kebutuhan. Karena bahan sembako adalah makanan dan mempunyai tanggal kadaluarsa. Hal ini juga mengantisipasi kerugian. Bayangkan jika kalian membeli barang dagangan dalam jumlah besar dan tidak sebanding dengan konsumen yang datang, pasti akan mengalami kerugian, kan?

Manfaatkan catatan transaksi harian untuk mengetahui produk yang paling laku. Sebaiknya, catatan ini memuat merek produk, jenis, volume per kemasan, dan juga jumlah penjualan. 

Nah, itulah informasi mengenai Kerjasama Distributor Sembako yang kita bahas kali ini. Apakah kalian sudah berminat membuka usaha ini? 

Sumber: bukausaha.com, berdesa.com


f
Filza Halwa
Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar